ADS1



Planet serupa Bumi, HB85512b. (WAS.Post)




TEMPO Interaktif,Washington - Para astronom kembali menemukan 50 planet baru di luar tata surya. Uniknya satu planet yang diberi nama HD85512b ini serupa Bumi atau biasa disebut super-Earth diduga memiliki kandungan air berlimpah sekaligus dihuni alien.



"Jika kita beruntung, kemungkinan planet ini memiliki habitat seperti di Bumi," kata ahli astronomi Lisa Kaltebegger dari Max Planck Institute Jerman dalam the Washington Post, hari ini.


HD85512d, kata Lisa, terletak di langit selatan, tepatnya di konstelasi Vesta dengan jarak sekitar 36 tahun cahaya atau sekitar 5,8 triliun mil dari Bumi. Beratnya 3 1/2 kali Bumi dengan warna jingga yang mendominasi. "Satu tahun di sana hanya sekitar 60 hari," begitu tulisTelegraph.



Data terbaru yang dihimpun sejak 1995, para astromon sedikitnya telah menemukan 600 planet di luar Bumi, tapi hanya beberapa saja yang serupa Super Earth.



Sebelumnya, sekelompok astronom menemukan sebuah planet bernama Gliese 581d yang kaya air dengan jarak 20 tahun cahaya.



Gliese 581d berada di belakang kosmik bumi. Para ilmuwan tersebut menduga Gliese 581d memiliki atmosfer, laut, awan, dan hujan. Planet itu cukup hangat dan basah sehingga makhluk asing bisa tinggal di situ.



Ukuran Gliese 581d diperkirakan dua kali lebih besar dari bumi. Gliese 581d berada di zona Goldilocks. Wilayah ini tidak terlalu dingin dan panas sehingga memungkinkan air ada di situ. KATANYA.


G+

Anda baru saja membaca artikel tentang PLANET SERUPA DENGAN BUMI. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari PLANET TERBARU

1 Komentar untuk "PLANET SERUPA DENGAN BUMI"

PLANET TERBARU © 2014. All Rights Reserved.
Template By ORANG JADUL , Powered By Blogger
Back To Top